Resep Martabak Manis Enak dan Mudah

Memasuki musim dingin disini, membuat saya lebih rajin di dapur. Kenapa? karena kalau dingin bawaannya laper terus, hahaha..

Kali ini saya ngidam makanan yang merupakan salah satu jajanan (street food) yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu martabak manis. Pengen deh rasanya tinggal bilang, ” Beli martabak yuk ke depan..”. Hahahaha… Ok, dari pada galau melulu, akhirnya saya putuskan untuk bikin LAGI. Iya lagi, dulu sebelum pindah ke kota ini, pernah bikin dan gagal.. terus kapok dan nyerah. πŸ˜€ Hingga akhirnya bulat tekatku untuk buat lagi, karena pak suami juga udah ngerequest terus untuk buat martabak manis lagi.

Sejujurnya awal saya dapet resep martabak manis ini dari hasil googling lalu saya ubah sedikit takarannya. Jeng.. jeeng.. pas buka kumpulan resep, bingung harus pake resep yang mana karena banyak banget yang nulis resep martabak manis ini. Ada yang resepnya sama persis satu dengan yang lain, ada yang di tambah ragi lagi, ada yang gak pake ragi, ada juga yang cuma beda-beda takarannya, dan banyak lagi yang bedanya cuma dikit-dikit.

Nah resep yang mau saya bagi kali ini, adalah hasil dari sekian kali percobaan. Ada yang gagal (batet), gosong dan pernah juga gak berongga. Saya coba cari tahu apa yang salah, baik dari segi takaran maupun cara masak. Dan akhirnya saya nemuin yang benar-benar cocok alias gak gagal. πŸ˜€

Diresep ini aku pake takaran sendok, karena gak punya timbangan kue. Ketauan banget gak suka baking, hahaha…

martabak manis keju susu

Martabak Manis Keju Susu

Bahan 1 :

7 sdm Tepung terigu

2 sdm Gula pasir

1/2 sdt Baking powder

1 butir Telur

200 ml Susu cair

Sejumput Garam

Bahan 2 :

1/2 sdt Baking soda

1 sdm mentega cair

Taburan :

Gula pasir

Keju parut

Susu kental manis

Coklat

*Untuk taburan bisa gunakan bahan apapun sesuai selera

Cara pembuatan :

1. Campurkan seluruh bahan 1. Aduk pakai tangan dengan menggunakan pengaduk. (Jangan pakai mixer)

2. Diamkan +-1 jam. Tutup dengan lap bersih.

3. Campurkan bahan 2 kedalam adonan bahan 1.

4. Diamkan 15 menit.

5. Hangatkan wajan (teflon) dengan ukuran 24 cm. Jangan terlalu panas.

6. Tuang adonan ke wajan dan ratakan sampai ke pinggirannya. Masak dengan api sedang lalu kecil.

7. Setelah terlihat berongga-rongga tabur gula pasir lalu tutup, biar bagian atasnya matang.

8. Setelah matang, oles mentega/margarin.

9. Angkat martabak dan pindahkan dari wajan. Tabur coklat keju dan susu kental manis. Taburan sesuai selera.

10. Belah jadi 2 bagian lalu tumpuk.

11. Oles mentega di setiap permukaan. Setelah itu potong-potong sesuai dengan keinginan.

Selamat mencoba! Semoga kalian suka dan sukses dengan martabaknya. Kalau udah bikin cerita disini (kolom komentar) ya gimana hasilnya.. πŸ˜‰

*video pembuatan menyusul πŸ˜€

Advertisements

14 Comments on “Resep Martabak Manis Enak dan Mudah

  1. Pingback: ( Resep ) Martabak Manis Teflon dijamin pasti jadi dan enak | Nisa & Chicco

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: