Resep Ayam Lada Hitam

Resep Ayam Lada Hitam

Yuhuuu.. kali ini saya kembali dengan resep masakan yang menurut saya enak banget untuk variasi menu makanan sehari-hari yaitu Ayam Lada Hitam.

Resep ini aku dapet dari hasil mengingat-ingat, mengira-ngira dan merasa-rasa, hahahaa.. Jadi dulu saya pernah bikin Sapi Lada Hitam (ntah kapan), trus saya gak catet resepnya dan gak inget juga sumbernya dari mana. Alhasil ya saya ingat-ingat kembali dan tentunya pake ilmu kira-kira juga.. hehe..

Jadi, resepnya sama seperti sapi lada hitam, cuma daging sapinya di ganti dengan ayam. Udang juga sepertinya enak pakai saus lada hitam ini, saya belum pernah coba sih, tapi kayaknya ide yang bagus untuk dicoba di lain waktu 😊.

Ayam Lada Hitam

Resep untuk 5-6 porsi.

Bahan Utama :

500 gr  Daging ayam file
5 sdm   Tepung terigu
2 sdm   Maizena
1/2 std  Lada hitam
Garam

Bahan Saus Lada Hitam :

2 buah   Paprika (warna-warni)
1 buah   Bawang bombay ukuran sedang
3 siung  Bawang putih
1 ruas    Jahe (geprek)
1 sdm    Maizena
1 sdt      Bubuk lada hitam (kasar)
2 sdm    Saos tiram
150ml   Air (sisakan 3 sdm air untuk campuran dengan maizena)
Garam / Penyedap
Gula pasir (penyeimbang rasa)
Minyak goreng

Cara pembuatan :

Ayam Tepung :
1. Campur tepung terigu dan maizena. Masukan juga garam dan bubuk lada hitam. Aduk rata.
2. Potong ayam file kotak-kotak besar. Lalu lumuri ayam di campuran tepung tadi.
3. Panaskan minyak lalu goreng ayam yang sudah dilumuri tepung tadi. Angkat dan tiriskan.

Saus Lada Hitam :
1. Potong kotak-kotak besar bawang bombay dan parika.
2. Cincang halus bawang putih atau bisa juga gunakan alat press.
3. Panaskan minyak, masukan bawang bombay dan parika masak sebentar lalu masukan bawang putih dan jahe. Tumis hingga harum.
4. Tuang air.
5. Masukan lada hitam, garam/penyedap, gula dan saus tiram. Lalu cicipi.
6. Jika sudah pas, masukan ayam tepung yang sudah digoreng tadi. Masak sebentar.
7. Di wadah terpisah, campur air dan tepung maizena. Aduk.
8. Kecilkan api, tuang merata ke campuran ayam dan saus tadi. Aduk rata dan masak hingga mengental.
9. Angkat dan siap disajikan.

Selamat Mencoba!

P.s : Jika tidak ada takarannya itu artinya kira-kita ya.. 😉

Advertisements

3 Comments on “Resep Ayam Lada Hitam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: