Sehat Secara Alami

Keadaan seperti ini sudah saya jaga jangan sampai terjadi, tapi apadaya mugkin ini adalah alarm dari tubuh bahwa saya harus cukup istirahat dan menjalani hidup sehat.  Sakit adalah keadaan yang paling “gawat” buat saya.  Kenapa? yuk mari kita baca ceritanya.

Tinggal diperantauan tidaklah mudah,  saya dituntut untuk menjadi seorang ibu dan istri yang mandiri.  Seminggu sebelum tahun baru saya sakit.  Penyakit pada umumnya, seperti batuk, flu, demam.  Hanya saja sakit kali ini menurut saya cukup merepotkan,  karena demam yang cukup tinggi dan sesak napas akibat batuk.  Sedih gak bisa tahun baruan..

Aktifitas sehari-hari juga jadi terganggu, apalagi punya anak yang masih bayi itu menghabiskan cukup energi.  Rasanya ingin sekali bisa tidur yang lama, tapi si kecil mana bisa ditinggal. Suamipun harus pergi kerja, jadi tidak bisa selalu mengandalkannya. Beberapa pekerjaan rumah sudah saya abaikan untuk sementara.  Tetapi ada dua pekerjaan yang tidak bisa saya tinggalkan, yaitu memasak dan membersihkan debu.  Untuk masakan, saya memasak makanan yang mudah dan cepat matang.  Hanyanya saja untuk membersihkan rumah saya mengerjakannya dicicil sesuai dengan sisa tenaga yang ada, hehe.. Entah kenapa tempat tinggal saya ini selalu menghasilkan debu yang banyak, mungkin karena efek tinggal dipinggir jalan.

Jadi ingat dulu kalau sakit, saya dimanja sekali oleh ibu.  Mulai dari makanan, saya boleh minta makanan apapun.  Belum lagi full perhatian yang membuat kita jadi nyaman. Hmm..jadi kangen ibu..

Saya juga khawatir anak saya terlular, jadi saya memakai masker (penutup mulut dan hidung) ketika sedang berinteraksi dengannya.  Awalnya saya coba untuk hindari mengkonsumsi obat-obatan.  Pada akhirnya badan saya tambah panas dan napaspun semakin sulit.  Jadi saya putuskan untuk makan paracetamol untuk penurunkan demamnya.  Saya tidak punya obat flu dan batuk saat itu, jadi saya pergi ke apotik untuk membelinya.  Setelah saya konsultasi dengan penjaga apotiknya, ternyata mereka tidak menyarankan saya untuk mengkonsumsi obat flu dan batuk, karena saya sedang menyusui.  Kesel, sedih dan pasrah saat itu rasaanya, karena sesak napas dan batunya itu menyiksa sekali.

Akhirnya saya tanya ibu dan teman saya, bagaimana caranya supaya flu, batuk dan sesak napas ini cepat hilang.  Mereka menyarankan saya mengkonsumsi obat-obatan alami.  Berikut beberapa hal yang saya lakukan untuk penyebuhan.

  1. Minum teh jahe madu.
    Ini enak banget ke dada saat diminum selagi hangat.
  2. Minum campuran lemon/jeruk nipis + kecap.
    Ini adalah obat batuk yang paling manjur setiap saya sakit batuk.  Cukup 2 sendok makan setiap 2 jam sekali atau ketika batuk yang berlebihan kambuh. Hanya saja kemarin ini saya telat bikin lemon kecapnya, karena persediaan kecap habis, jadi harus menunggu pemberian dari teman ( kasiaaaann..)
  3. Makan sup ayam.
    Bahan pembuatan sup ini tidak ada yang istimewa, sama seperti pembuatan sup ayam pada umumnya.  Saya tidak tau pasti bahan apa yang membuat flu jadi sembuh setelah makan sup ayam, tapi sup ini benar-benar berhasiat buat yang sedang flu.
  4. Dibalur dengan yang hangat.
    Saya menggunakan minyak kayu putih untuk penghangat setelah itu saya gunakan mantel atau sweater biar keringat cepat keluar.

Memang masa penyembuhannya tidak secepat kalau makan obat dari apotik, tapi setidaknya lebih aman buat ibu menyusui dan sekarang saya merasa jauh lebih baik.

Jadi buat para ibu disana, marilah kita jaga kesehatan.  Karena kalau kita sakit repotnya berkali-kali lipat.

tambahan :

Sakit ini disebabkan oleh rombongan debu yang sudah lama singgah di lemari dan tidak pernah saya sentuh.  Jadi saya ceritanya mau bersihin tapi lupa gak pake penutup hidung (masker), jadi deh kambuh  alergi debu berlebihannya.

*

Advertisements

26 Comments on “Sehat Secara Alami

  1. semoga cepat sembuh ya Ayomi.. emg, sebisa mungkin ibu jgn sakit.. klo aku kmrin wkt gejala batuk tiap pagi minum madu+setetes essential oil lemon.. habis gak ada jeruk lemon huhuh. itu luayan membantu

    atau bisa jg mengunyah kencur. gak enak si, tp di dada jd hangat..

    Like

  2. Gimana keadaan kamu sekarang, Ayomi?
    Ah yes, 4 steps itu memang resep ampuh turun temurun yah. Aku juga dibiasakan untuk melakukan 4 steps itu dari kecil. Meskipun recoverynya lebih lama tapi khasiatnya jauh lebih baik daripada minum obat. Untuk jahe dan madunya, aku biasanya nambahin lemon dan kunyit juga. Semoga lekas sembuh ya 🙂

    Like

  3. Sekarang sudah mendingan kah mba? Semoga cepat sembuh ya.
    Emang kalo sakit ga enak, tapi sakit di rantau (jauh dari nyokap juga) berasa dua kali lebih ga enak :(. I fell you deh mba.
    Kalo batuknya udah parah biasanya pake kencur sama madu lumayan nolong ko mba 🙂

    Like

    • Sekarang sudah membaik, syukurlah.. iya sesih banget, beda kalau sakit ditangani oleh ibu sama suami. Hahaha.. batuknya karena sesak napasnya itu sih mba gara2 kena debu yg banyak dan lupa pake masker, jd sesek napas deh trus lama2 jd demam..

      Like

      • Kayaknya itu ISPA mba, aku sering begitu apalagi kalo lg ada audit di kantor karena mesti bongkar arsip di gudang yg banyak debu. Sukurlah kalo sudah baikan 🙂

        Like

      • waduh jangan2 iya, saya kira tdnya alergi debu, karena dlu pernah juga kyk gini tapi lebih parah 😦 iya tapi sekarang sudah membaik 🙂

        Like

    • Ngga inj winter ke3, kmrn sakit krna kena debu pas bersih2 lemari yg udh lama tak pernah tersentuh.. kalau kena debu banyak kambuhj deh sesak napasnya.. trus jdi sakit aja.. 😦

      Like

  4. waduuh semoga sekarang udah sehat kembali ya mbak Ayomi!
    sakit itu memang ga enak, walau cuma flu juga. btw kalo kata suamiku paracetamol selama minumnya masih dalam dosis normal insyaallah aman kok mbak, walaupun cuma mengurangi rasa sakit tapi lumayan apalagi kalo demam tinggi.

    teh jahe itu memang paling mantep yahh kalo lagi dingin-dingin begini, plus less risks kalo dibanding minum alkohol (lah moso’ lagi sakit minum alkohol wkwk). Aku ga suka lemon campur kecap – rasanya aneh! kalo sup itu juga setuju banget, comfort food kalo lagi sakit 🙂

    buat sedikit ngurangin sesak nafas, pengalaman aku kalo udah mulai berasa berat nafasnya selain dibalur yang hangat2, mungkin mbak ayomi bisa juga ngemut anta flu (yang rasa original), vicks (aku biasanya suka yang honey lemon) ato strepsils kali ya.

    Like

    • sekarang sudah membaik mba, sudah bisa melakukan aktifitas seperti biasanya lagi, 🙂
      yaa saya makan paracetamol buat demamnya, iya beberapa kali makan strepsil cuma gak enak dilidah, bikin dadas..hahaha..

      Like

  5. Dulu sering keluar masuk UGD krn sakit lambung & harus disuntik macem2 biar asamnya normal. Suatu ketika yg jaga UGD dokter senior. Setelah perihnya diobati, nggak ngasih resep, dokter itu cuma meminta saya tidak makan makanan tertentu selama 3 bulan utk memberi kesempatan luka lambung sembuh, Setelah itu bebas makan apa aja termasuk ngopi. Eh bener lo, sudah 3th lebih nggak pernah lagi digeledek ke UGD, nggak perlu bawa obat2an kemana-mana. Yang alamiah spt susu jahe madu gitu lbh baik daripada obat kimia.

    Liked by 1 person

    • waa.. syukurlah kalau sudah tidak pernah kambuh lagi, iya selagi bisa diobati dengan obat2an yang alami knp ngga.. hehe.. semoga kita semua selalu di beri kesehatan ya mba.. 🙂

      Like

  6. Makasih mbak karena sharingnya bikin saya belajar buat diri sendiri, dan banyak orang pastinya. Mudah-mudahan berbuah sehat terus buat mbak Ayomi.

    Salam,
    Syanu.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: