Annyeonghaseyo!

Annyeonghaseyo!

Yuhuuu.. Kemarin kita diundang ke (rumah orang) Korea! Hahaha.. 😀

Jadi ceritanya sabtu kemarin kita di undang lunch sama temen kerja Kak Indra (suami saya).  Mereka sepasang suami istri dari Korea.  Mereka belum lama tinggal disini, sekitar akhir tahun kemarin mereka datang.  Jadi undangan mereka ini adalah balasan dari undangan makan kita yang di adakan sebelumnya.  Ternyata kita adalah tamu pertama mereka, haha.. jadi dengan segala keriweuhan dan kegrogiannya mereka berusaha menjamu kita dengan baik.  Santai sih acaranya, gak resmi.  Ingat dulu waktu kita undang mereka lunch,  mereka juga merupakan tamu ke dua kita.  Jadi ngerti banget perasaan dan keadaan mereka, haha.. lucu.. *berasa ada temen.

Sampe disana, standarlah diajak keliling ruangan dan liat-liat suasana.  Ada yang menarik menurut saya, mereka sampe punya kulkas khusus yang dikirim dari Korea.  Karena kulkasnya punya bagian-bagian yang terpisah, dan ada 3 tempat penyimpanan khusus untuk Kimchi dengan suhu di setiap bagiannya bisa di atur.  OMG! 😀

Gak sabar, seperti apa sih masakan korea yang sesungguhnya.  Maksudnya yang di masak orang korea asli, hehe.. Sebenernya saya juga baru beberapa kali saja makan makanan korea.  Karena dulu pas lagi ngehits makanan korea di Indonesia, saya malah pergi kesini jadi gak terlalu kenal dengan makan-makanannya.

Sebelumnya kita udah janjian untuk makanan, jadi apa yang akan mereka masak dan apa yang akan kita bawa sebagai tambahan.  So, akhirnya saya bikin apple pie dan tempe goreng.  Apple pie untuk dessert dan tempe goreng buat nunjukin makasan khas indonesia, kebetulan masih ada stock di kulkas ;D.

apple pie

Apple Pie

This is my first apple pie! yeeaa.. 😀 *biasa aja sih.. haha.. Ini pie nya agak lain modelnya, bukan seperti pie-pie yang kayak di film kartun Donal Duck atau Tom and Jerry 😀 .  Jadi ini adalah pie yang paling mudah dan cepat dibuatnya.  Pie ini disajikan dengan vanilla sauce atau ice cream.  Saya dapat resepnya dari teman saya disini.  Mungkin nanti bisa saya share resepnya di lain postingan.

tempe goreng

Tempe Goreng

Ini adalah salah satu harta karun saya di kulkas.. haha! Di Swedia susah cari tempe, harus impor dari Belanda.  Jadi biasanya tempe ini dijual di toko asia di  kota-kota besar.  Untuk yang di kota-kota kecil biasanya kita bisa pesen lewat toko asia yang ada dan pesannya tidak boleh sedikit, jadi kita harus joinan dulu sama teman-teman yang lain.

Kimbab

Gimbap / Kimbap

Sushiii!! dengan lantang saya katakan.  No, it is not sushi.  It’s Gimbap”.  Opps! *blushing.  Teman saya menjelaskan kalau Gim adalah rumput laut dan Bap adalah Nasinya.  Sekilas apa bedanya coba? haha.. Bedanya, isian Gimbab berasal dari sayuran bukan ikan.  Tapi kan sushi juga ada yang isinya sayuran aja.. ntahlah.. hehe.. Mungkin karena Korea pernah dijajah Jepang sekitar 30 tahun lamanya jadi makanannya serupa cuma beda nama.

Tang su yuk

Tang Su Yuk

Ini adalah daging goreng yang disajikan dengan saus asam manis.  Untuk yang ini menurut rasanya saya tidak terlalu wah karena di Indonesia juga banyak yang serupa. 😉

buldak

Cheese Buldak

Ini yang paling enaaaaaakkk!! Cheese Buldak adalah Spicy Chicken and cheese.  Dia rasanya pedas, gurih, dan sedikit manis, ditambah lelehan keju.. *mau lagi.  Yang saya suka, selain ayam ada juga tteok (rice cakes).  Aaahh.. saya suka tteok ini..kenyal-kenyal gurih gitu rasanya.  Ini favorit deh.. maaf agak lebay , tapi bener deh sampe di rumah masih kebayang-bayang pengen lagi.  Langsung googling deh cara buatnya dan ternyata gampang, cuman cari korean chili paste-nya aja yang susah, hehe..

Ceritanya udah siap mau makan, trus saya masih nunggu sesuatu.  Ada yang kurang gitu..  apa ya..? Yes, Nasi! Hahaha.. dasar perut Indonesia.. Ternyata kita makan gak pake nasi, kalau mau ada nasinya ya makan Gimbab aja..  Tapi ternyata kenyang juga loh.. setelah banyak ngabisin Cheese Buldak dan Gimbab. 😀

Setelah makan, kita pindah ke ruang TV sambil makan apple pie trus nonton drama korea “Descendants of the Sun”.  Cuma bertahan 10 menit trus ganti ke film James Bond, haha..  Mana anaku, Arlanda, kerjaannya muter-muter kesana kemari pas lagi disuapin, hadeuuhh.. kambuh deh capernya kalau lagi di rumah orang.  Untungnya dia buka tipe yang rewel, cuma kalau ngantuk aja dia mulai agak susah untuk diajak kompromi.. 😀

*nulisnya sambil kriuk-kriuk pengen Cheese Buldak

Advertisements

31 Comments on “Annyeonghaseyo!

  1. Berhubung temen gw WN Amerika keturunan Korea, jadi seringlah dimasakin makan2 Korea. Enak banget, dan pedes (buat yang doyan). Kesukaanku kimchi chigae (kimchi tofu stew)

    Like

  2. di jkt kan sbnrnya bnyk ya mbak resto korea yg asli punya org korea sono, biasanya expat2 gitu.. ada bbrp makanannya yg aku suka, trutama yg kuah biasanya… tp yg kyk kimchi, bimbimbap, itu ampe skr msh blm bisa masuk kalo di aku ;p.. buatku sih ya hambar rasanya.. Makanya aku mw ke korea feb thn dpn, mau nyobain nih makanan aslinya di sana.. kalo memang ttp g bisa ngerasa suka ama kimchi dan nasi campur korea itu, berarti emg ga cocok :D..

    Like

    • Yaa.. skrg kyknya udh banyak resto2 korea, dlu waktu masih di indo jarang jg makan di resto korea dan blm ngehits kyk skrg..hehehe..p yaa.. kimchi masih aneh jg buat saya rasanya.. ;D harus coba di negaranya langsung.. 😊

      Like

  3. Aduuh itu tampilan cheese buldak nya bikin ngences aja mbaaaa… haduuh, mana nengoknya malam-malam pula lagi :(. Aku termasuk jarang icip2 menu masakan Korea, sesekali aja kalo lagi pingin mba hihihi. Wah tinggal di Swedia trus ngegoreng tempe gitu rasanya kangen kampung halaman gak ya? 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: