Tips Memilih Tujuan Wisata Berdasarkan Lama Waktu Libur

Berlibur ke tempat-tempat yang selama ini diimpikan memang terdengar sangat mengasyikkan. Akan tetapi faktor biaya adalah yang seringkali menyebabkan seseorang harus membatalkan rencana liburan ke tempat-tempat impian tersebut.  Padahal, jika mau berusaha, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa pergi (berwisata) ke tempat-tempat yang selama ini hanya menjadi impian tersebut dengan biaya murah.

Contohnya, Anda bisa mengecek tiket pesawat ekonomi seperti penerbangan murah Lion Air dengan menemukan waktu dimana sedang diadakan Lion Air promo. Atau dengan memilih waktu saat low season dimana harga hotel maupun tiket pesawat seringkali ditawarkan dengan harga miring.

Anda disarankan untuk mencari tiket promo dari Lion Air karena maskapai penerbangan yang satu ini memang sering menawarkan tiket promo dengan harga murah. Selain itu, Lion Air merupakan salah satu maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan domestik paling lengkap di Indonesia.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, bahwa ketika Anda ingin mendatangi objek wisata tertentu, terkadang ada saja kendala yang Anda temui seperti keterbatasan waktu, kekurangan biaya, keterbatasan informasi, dan lain sebagainya.

Agar liburan tetap bisa maksimal, Anda setidaknya harus mempersiapkan dan menyesuaikan waktu, biaya, dan lain-lain. Caranya bisa dengan mengikuti beberapa tips memilih tujuan liburan berikut ini.

Memilih tujuan liburan berdasarkan lama waktu libur.
Jika Anda hanya memiliki waktu libur dua atau tiga hari, maka berwisata di dalam negeri adalah pilihan tepat. Berwisata ke tempat-tempat yang lokasinya tidak terlalu jauh akan membantu Anda menghemat tenaga sehingga tidak akan kecapekan setelah kembali dari liburan.

Misalnya kemana jika Anda tinggal di Jakarta dan ingin berlibur dua atau tiga hari, Anda mau bisa memilih tempat-tempat yang dekat seperti liburan ke Bogor, ke Puncak, Tasik, atau ke Bandung. Namun tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa pergi liburan ke tempat-tempat yang jauh seperti ke Bali dan Lombok atau ke NTT. Mengapa?

pantai-kuta-lombokPantai Kuta di Lombok dekat bandara – sumber gambar : paketliburanlombok.com

Karena saat pergi ke Bali, Lombok, maupun NTT, akomodasi (hotel) dan tempat wisata banyak yang lokasinya dekat dengan bandara, sehingga walaupun hanya memiliki waktu yang singkat Anda tetap bisa pergi ke tempat-tempat wisata dengan waktu yang sangat terbatas.

Jika waktu libur 5 hari hingga sepekan atau lebih

Waktu libur selama sepekan atau lebih bisa digolongkan sebagai liburan panjang. Pada saat itu, memilih pergi ke tempat-tempat yang jauh adalah pilihan bijak mengingat akan jarang Anda dapatkan waktu liburan yang begitu panjang.

Memilih destinasi wisata di luar negeri bisa jadi opsi paling tepat apalagi jika budget mendukung. Waktu liburan selama 5 hari atau 1 minggu sudah cukup untuk pergi ke beberapa negara-negara yang memiliki banyak objek-objek wisata cantik, terutama di Asia.

ha-long-bay-vietnamHa Long Bay Vietnam – sumber gambar : tipstraveling.com

Beberapa tujuan menarik di Asia yang cocok untuk liburan antara 5 hingga 7 hari di antaranya adalah Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Sedangkan untuk beberapa negara Asia lainnya yang sedikit jauh seperti Korea Selatan atau Jepang, Anda setidaknya harus mempertimbangkan lama perjalanan yang akan Anda habiskan untuk pergi ke sana.

travelling-malaysiaTravelling Malaysia – sumber gambar : theweddinglocation.com

Sebagai pertimbangan, untuk pergi ke Jepang dengan menggunakan pesawat tanpa transit akan memakan waktu sekitar 8 jam. Sedangkan menggunakan pesawat yang menggunakan opsi transit kemungkinan besar Anda akan menghabiskan waktu sekitar 12 jam. Itu adalah sebuah perjalanan yang jauh dan panjang.

Disamping itu, Anda juga butuh untuk beristirahat pada saat sampai di negara Jepang atau sebaliknya ketika kembali ke Indonesia. Jadi waktu yang sangat sempit akan menyulitkan apabila waktu liburan yang anda miliki hanya 5-7 hari saja.

Cara mengunjungi beberapa destinasi wisata dalam 2 hari

sewa-mobilSewa mobil di tempat wisata – sumber gambar : berkettinsurance.com

Jika berwisata di dalam negeri saja, misalnya berwisata ke Bali, Nusa Tenggara, ke Kota Batu, Surabaya, ke Lombok, atau ke beberapa daerah lainnya, agar bisa mengunjungi beberapa objek wisata dalam waktu singkat, ada baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Sewalah kendaraan roda dua atau roda empat untuk mempercepat mobilitas.
  • Sewa guide untuk menyingkat waktu di perjalanan yang akan habis terbuang karena harus mencari arah (apabila anda pemula). Apalagi jika Anda tidak familiar dengan GPS atau tidak bisa memanfaatkan aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps dan sejenisnya.
  • Cari informasi dan kemudian buat rencana kunjungan wisata. Misalnya, jika berwisata ke Bali dua atau tiga hari, Anda bisa mengunjungi lebih dari 5 pantai terkenal di sana. Caranya adalah, Anda harus mencari informasi mengenai pantai-pantai terkenal yang lokasinya paling dekat dari hotel.

Misalnya, Anda bisa memilih pergi ke pantai Kuta, kemudian Pantai Balangan, Dreamland, Blue Point, Pantai Sanur, dan Tanah Lot hanya dalam waktu 2 hari.

Itulah beberapa tips cara memaksimalkan waktu liburan dan memilih tujuan liburan yang tepat yang bisa disesuaikan dengan selama liburan serta budget yang tersedia. Semoga bisa membantu Anda yang selama ini sering kebingungan dalam menentukan kemana harus berlibur saat hanya memiliki waktu 2 atau 3 hari.

This Article is sponsored post and it was send to me, please check my disclosure.
Advertisements

8 Comments on “Tips Memilih Tujuan Wisata Berdasarkan Lama Waktu Libur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: