Swedish Apple Pie

Bulan Februari adalah bulan yang penuh kebahagiaan buat saya. Bukan karena ada hari Valentine, tapi saya dan anak saya berulang tahun di bulan ini.. yeeaahh…. “Selamat Ulang Tahun Untuk Kami!!“. πŸ˜„

Nah, ngomongin soal hari Valentine yang dimana sebagian orang merayakan hari kasih sayang ini, saya dan teman-teman Indonesian Female Blogger (IFB) membuat sebuah kolaborasi yang bertemakan tentang Valentine’s Day. Kita di bebaskan berkreasi sesuai dengan keinginan hati setiap blogger. Tujuannya kita ingin memberikan inspirasi untuk teman-teman yang ingin merayakan hari Valentine ini.

Saya mengikuti 3 kolaborasi untuk Valentine’s Day ini. 2 Diantaranya saya bikin make up look dengan gaya yang berbeda. Saya posting di IG, kalau ingin lihat seperti apa, bisa dilihat dan boleh follow sekalian Instagram saya @md_ayomi πŸ˜…. Untuk yang ke 3 ini saya gak mau bikin make up look lagi karena nanti orang mulai unfollow saya gara-gara muka saya muncul terus di timeline mereka, hahaha..

Untuk #IFBValentineCollab kali ini, saya akan memberikan ide yaitu membuat sebuah Apple Pie.

 

Sebenarnya ada banyak jenis apple pie, yang saya buat kali ini adalah yang paling mudah. Bentuknya mirip dengan cobbler pie atau mungkin sama, hanya yang saya buat ini tidak menggunakan lapisan bawah.

Bahan-bahan :

  • 3-4 Buah Apple hijau
  • 1 1/3 Cup gula pasir
  • 2 st Bubuk kayu manis
  • 1 1/2 Cup tepung terigu
  • 1/2 Cup Havermout / moesli (optional)
  • 200 gr Salt butter
  • 1/2 st Garam
  • 3 st Gula tepung
  • Saus vanila atau es krim vanila

*Apel bisa diganti dengan jenis apel apapun, saya memilih yang hijau karena biar ada rasa asem-asem manis dan sedikit renyah.

Peralatan :

  • Loyang pie
  • Wadah pengaduk
  • Saringan halus
  • Oven

Cara membuat :

  1. Panaskan Oven di 175 derajat Celcius.
  2. Ambil apel lalu kupas kulitnya.
  3. Potong apel menjadi 7-8 potong.
  4. Olesi loyang pie dengan butter.
  5. Susun apel yang sudah dipotong-potong tersebut secara melingkar atau berbaris. Tergantung dari bentuk loyang yang dipakai.
  6. Setelah itu tabur 1/3 cup gula pasir dan 2st bubuk kayu manis secara merata.
  7. Untuk adonan tabur, gabungkan 150 gr butter, 1 1/2 cup tepung terigu, 1/2 cup harvemout (optional), 1 cup gula, dan 2 st garam.
  8. Aduk dengan tangan hingga seperti butiran pasir besar.
  9. Tabur adonan di atas susunan potongan apel tadi dengan rata.
  10. Taruh sedikit potongan butter diatasnya.
  11. Masukan dalam oven, masak hingga agak kecoklatan.
  12. Untuk membuat hiasan gambar hati, buat mal bentuk hati dari kertas. Setelah itu simpan mal di atas pie yang sudah matang. Taburkan Gula tepung menggunakan saringan halus.
  13. Sajikan menggunakan es krim atau saus vanila.

Untuk lebih jelasnya saya berikan gambar proses pembuatannya.

swedish-apple-pie-step1Susun apel yang sudah dipotong-potong.swedish-apple-pie-step2Tabur 1/3 cup gula pasir.swedish-apple-pie-step3Tabur 2st bubuk kayu manis.swedish-apple-pie-step4Gabungkan 150 gr butter, 1 1/2 cup tepung terigu, 1/2 cup harvemout (optional), 1 cup gula, dan 2 st garam.

Aduk dengan tangan hingga seperti butiran pasir besar.Swedish Apple PieTabur adonan di atas susunan potongan apel tadi dengan rata.swedish-apple-pie-step7Taruh sedikit potongan butter diatasnya.swedish-apple-pie-step8Masak hingga agak kecoklatan.Swedish Apple PieTaburkan Gula tepung dengan menggunakan saringan halus dan bentuk seperti hati menggunakan mal yang sudah dibuat.Swedish Apple PieSajikan menggunakan es krim atau saus vanila.

Selamat mencoba!!

Kalau kalian penasaran dengan apa yang teman-teman Indonesian Female Blogger buat untuk kolaborasi Valentine’s Day ini bisa dilihat dari Instagram dengan hastag #IFBValentineCollab. Ada yang bikin DIY gift, kartu ucapan, make up look, outfit, dll. Semoga kolaborasi yang kami buat bisa memberikan inspirasi untuk kalian yang mau merayakan Valentine’s Day. πŸ™‚

banner-collaboration-ifb-white

Advertisements

7 Comments on “Swedish Apple Pie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: